Waspada Kanker Payudara Sejak Usia Dini

Minggu lalu saya dan suami ikut acara workshop Breast Cancer besama Tupperware Indonesia dan Blogger di daerah Jakarta Selatan yang lebih tepatnya di South Skywalk Mall Pondok Indah (PIM), 20/10/2018.

Ibu Cindy selaku Brand Communication Tupperware PIM sekaligus menjadi MC siang itu pada saat workshop berlangsung dan diteruskan dengan penjelasan Dr. Petsy, dokter cantik menjelaskan resiko kanker payudara. Tidak ada penyebab pasti dari kanker payudara yang ada hanya faktor penyebab terjangkitnya resiko kanker payudara dan salah satu pencegahannya yaitu dengan pola hidup yang sehat.

Salah satu anjuran pola hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bersih dan teratur, terutama mengaplikasikan porsi 50% makanan dengan sayur dan buah. Ternyata makanan yang berminyak atau menggoreng-digoreng, makanan yang dibakar juga menempati peringkat kedua dari catatan buku besar yaitu makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan. Dr. petsy pun tidak melarang hal demikian, jika mau makan makanan yang digoreng atau dibakar maka harus dipastikan posri makan sesuai dengan takaran anatara makanan hijau yang sehat.

Saat ini Tupperware bekerjasama dengan komunitas LovePink akan mendonasikan Rp. 100 Juta dari hasil penjualan salah satu produk tupperware yaitu produk Ichigo Complete set sebagai alat deteksi dini kanker payudara.

LovePink merupakan sebuah Organisasi nirlaba yang berfokus pada kegiatan sosialisasi deteksi dini dengan cara SADARI (Periksa Payudara Sendiri), SADANIS (Periksa Payudara Secara Klinis), dan pendampingan bagi sesama perempuan dengan kanker payudara. Bergerak dengan basis komunitas survivors yang bekerja secara sukarela untuk mendukung visi dan misi organisasi.

Tidak hanya workshop Breast Cancer semata, Tupperware Indonesia juga mengajak kami (red:blogger) untuk mengikuti sebagian rangkaian demo membuat salad dan masker ala mba Nilla dan mba yulli. Cara membuat salad yang terdiri dari beberapa sayuran, di antaranya sawi, wortel, kol ungu, jagung, dan timun. Semua sayuran ini di iris tipis kemudian dicampurkan mayones, setelah rata salad bisa langsung dikonsumsi. Makanan ini dianjurkan sebagai camilan baru yang lebih sehat.

Lalu bagaimana cara mencegah dan mewaspadai kanker payudara sejak usia dini ? berikut sedikit penjelasannya :

Kanker payudara adalah tumor ganas yang terbentuk di jaringan payudara. Tumor ganas merupakan kumpulan sel kanker yang berkembang secara cepat ke jaringan di sekitarnya atau menyebar ke bagian tubuh yang lebih jauh. Penyakit ini terjadi hampir selalu pada wanita namun dapat terjadi pula pada pria. Sel kanker dapat terbentuk di jaringan lemak di dalam payudara, kelenjar susu (lobulus), ataupun di saluran susu (duktus).

Kanker Payudara tidak hanya terjadi atau menyerang wanita saja, melainkan resiko terbesar juga akan terjadi pada seorang pria. Berikut yang memiliki resiko terkena penyakit kanker ini, yaitu :

  • Jenis Kelamin : Wanita 100 kali lebih sering didiagnosis payudara daripada pria.
  • Usia : Dengan bertambahnya usia, risiko juga semakin tinggi. Usia tua merupakan faktor risiko utama yang jadi penyebab kanker payudara dan berbagai penyakit kronis lainnya.
  • Riwayat Keluarga : Artinya jika ada anggota keluarga kamu yang sedarah (ibu, anak, atau saudara kandung perempuan) yang menderita kanker, berpotensi tinggi akan mengalami kanker tersebut.

Adapun tips pencegahan terhadap penyakit kanker ini, yaitu :

  • Gaya hidup yang sehat : Makanan yang sehat akan membantu metabolisme tubuh untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan. Perhatikan pola makan makanan sehari-hari dengan memperbanyak sayur-sayuran serta buah-buahan dan menghindari makanan yang berminyak atau yang dibakar.
  • Diet sehat : Konsumsi nutrisi yang baik sangatlah penting. kamu akan sulit menahan makanan di dalam perut karena terapi yang diterima dapat menyebabkan mual atau mengubah sensasi rasa nyeri. Pola hidup yang sehat dapat membantu kamu untuk makan makanan dengan porsi lebih kecil dan lebih sering seharinya.
  • Olahraga teratur : Kanker dapat menyebabkan lemas yang berkepanjangan dan tidak akan membaik dengan beristirahat. Berolahraga secara teratur dapat membantu  menghilangkan rasa lemas dan menjaga kebugaran badan.
  • dan menjaga kesehatan sejak dini lainnya.

Demikian artikel yang saya buat dengan singkat ini berjudul : Waspada Kanker Payudara Sejak Usia Dini Semoga bisa memberikan sedikit informasi bagi para pembaca blog ini.

Sesi terakhir dilanjutkan dengan poto bareng tupperware dan komunitas tahu dari blogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *